Kesehatan Kelamin Pria

Kesehatan kelamin pria sangat penting bagi kaum adam itu sendiri. Organ vital tersebut harus dijaga kondisinya agar tidak terserang bakteri. Tapi banyak pria yang seakan tidak terlalu mementingkan kondisi organ vitalnya. Mayoritas pria lebih mementingkan penampilan mereka dibanding hal ini. Organ vital ini penting sekali karen merupakan alat reproduksi yang dimiliki pria. Berikut ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan kelamin pria:

  1. Keringkan organ vital setelah mandi dengan handuk sampai benar-benar kering sebelum memakai celana dalam. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kelembaban berlebih di dalam celana dalam. Karena kalau terlalu lembab bercampur keringat maka akan timbul bakteri-bakteri yang mengganggu kesehatan kelamin itu sendiri
  2. Cuci hingga benar-benar bersih ketika selesai buang air. Karena kotoran yang kita keluarkan saat buang air mengandung banyak bakteri yang bisa berimbas tumbuhnya jamur gatal di kelamin.
  3. Cukur rambut kelamin secara teratur. Jika rambut organ vital ini terlalu panjan maka di dalam celana dalam akan mudah berkeringat yang menyebabkan kelembaban berlebih. Seperti yang sudah dijelaskan kelembaban berlebih bisa menimbulkan atau mendatangkan bakteri-bakteri di kelamin.
  4. Ganti celana dalam minimal dua kali sehari. Ini tidak lain agar menjamin kebersihan yang ada di dalam celana dalam.
  5. Setiap mandi bersihkanlah semua bagian dari alat kelamin. Mulai dari ujung kelamin, pangkal, serta kedua buah zakar. Genggam lembut buah zakar, pastikan tidak ada benjolan yang ada didalamnya. Jika ada benjolan sebaikya periksakan ke spesialis, karena gejala awal kanker buah zakar adanya benjolan di sekitar buah zakar. Kita harus mengetahui keadaannya sedini mungkin untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pentingnya kewaspadaan pada penyakit-penyakit kelamin pria. Karena cukup banyak macam ragam gangguan kesehatan kelamin pria yang jika salah penanganan bisa berakibat fatal maupun permanen.

Sebagian besar penyakit yang menyerang kelamin pria menular melalui seks bebas. Bercinta dengan banyak wanita cukup meningkatkan kemungkinan terserang penyakit kelamin. Apalagi jika wanita tersebut adalah pekerja seks profesional yang memiliki resiko tinggi terjangkit penyakit menular seksual.

Penyakit kelamin pria cukup banyak mulai dari gonorhoea, raja singa, herpes, gatal-gatal sampai aids (walaupun aids tidak spesifik menyerang kelamin).

Selain PMS, varikokel adalah penyakit kelamin pria yang paling banyak memakan korban karena penyakit ini sulit terdeteksi. Tanpa gejala yang jelas, penyakit varikokel umumhya diketahui setelah berat dan sulit diobati.

Varikokel adalah penyakit varises yang terjadi di pangkal penis. Varises ini membuat pembuluh darah membengkak dan mencekik pembuluh darah sehat sehinggal mengganggu metabolisme darah ke dan dari testis.

Hal ini jika berlangsung lama akan mengakibatkan kemandulan, pengecilan testis bahkan pembusukan kelamin. Karena itu sebaiknya kenali penyakit ini secara dini dan segera obati karena pengobatnya sebenarnya tidak sulit.

Jika ingin tahu tentang varikokel silakan baca di www.obatvarikokel.com

Keperkasaan organ kelamin pria akan menurun seiring usia namun olah raga yang teratur walaupun tidak terlalu berat telah terbukti mampu membuat keperkasaan berlangsung lebih lama.

Beberapa asupan obat-obatan avrodisiak sering digunakan namun berpengaruh buruk terhadap ginjal dan pankreas karena itu segera tinggalkan kebiasaan itu jika anda melakukannya.

Nah, para pria, jika anda ingin selalu sehat dan perkasa lebih lama pastikan anda memiliki gaya hidup yang sehat dan pola makan yang sehat pula. Sedikit olah raga yang rutin akan menunjang kesehatan kelamin anda.